Senin, 19 Maret 2012

Organisasi HAM paling penting di dunia

 
 Pada tanggal 29 September, Presiden parliamen Norwegia Thorbjørn Jagland dipilih sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Eropa dan beliau bermaksud untuk memodernisasikan apa yang beliau gambarkan sebagai organisasi HAM paling penting, dan membuatnya lebih efektif.

Jagland mendapatkan 165 suara dari Parliamentary Assembly of the Council of Europe, dibandingkan dengan 80 suara yang diterima pesaingnya. Jagland sangat senang bahwa beliau mendapatkan suara mayoritas dan hasilnya sangat jelas.

v  Modernisasi dan perbaikan dalam efektifitas 

Sebagai bentuk terima kasih kepada Parliamentary Assembly, Jagland memberikan penghargaan ke Eropa sebagai proyek perdamaian terbaik, dan kerja sama antara negara-negara Eropa. Selama kampanyenya, Jagland menekankan potensi Dewan Eropa sebagai pembangun jembatan, serta kebutuhan untuk memperkuat posisi Dewan dan memodernisasikan organisasi, untuk memastikan organisasi tetap relevan secara politik di Eropa.

Jagland menjalankan posisi ini hanya dua hari setelah pengambilan suara, yaitu pada tanggal 1 Oktober. Dua isu pertama yang menjadi perhatiannya adalah memperbaiki efektifitas Pengadilan HAM Eropa dan hubungan dengan anggota Dewan Eropa dari Russia.

Jagland menyatakan bahwa 850 juta orang dapat mengirimkan kasus mereka ke Pengadilan HAM Eropa, dan setiap tahunnya pengadilan tersebut menerima 100.000 kasus, yang dalam pandangannya menjadikan Dewan Eropa sebagai organisasi HAM paling penting di dunia.

v  Anggota pendiri 

Norway merupakan satu dari 10 anggota pendiri Dewan Eropa pada tahun 1949. Dewan Eropa merupakan organisasi kerja sama Eropa tertua, dan saat ini memiliki 47 negara anggota. Tugasnya yang paling penting adalah memastikan penghormatan terhadap hak asasi manusia, demokrasi, dan hukum.

Menteri Luar Negeri Norway, Jonas Gahr Støre, menyatakan bahwa beliau sangat sadar Thorbjørn Jagland menghadapi tugas yang berat, namun percaya bahwa Jagland dapat menjalankan perannya dengan sangat baik. Støre menambahkan bahwa Norway menganggap kerja sama dengan Dewan Eropa sangat penting, dan bahwa Pemerintah akan mendukung Jagland dalam tugasnya sebagai Sekretaris Jenderal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar