Jumat, 25 April 2014

Pidato Bahasa Indonesia : Hallyu Wave Di Indonesia



Assalamulaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera bagi kita semuanya
Yang Terhormat Ibu Guru Pengajar Bahasa Indonesia dan Siswa dan Siswi Kelas X8.

Puji syukur saya panjatkan atas Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karuniaNya  Saya juga berterima kasih kepada Ibu Guru  yang telah menyelenggarakan acara ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung acara ini.
Pada kesempatan kali ini saya mengambil tema tentang Hallyu Wave. Saya akan menjelaskan beberapa hal tentang Hallyu Wave. Apakah Hallyu Wave itu? Dan Apakah pengaruh Hallyu Wave tersebut terhadap Indonesia?
 Mungkin seperti yang kalian hampir ketahui bahwa Hallyu Wave adalah Gelombang Korea atau Demam Korea, hal mengacu pada peningkatan popularitas signifikan dari Budaya Korea Selatan di seluruh dunia. Biasanya Hallyu Wave ini disebarluaskan melalui Drama Korea atau Film – Film Korea,. Dan tidak menutup kemungkinan kalau banyak orang Indonesia yang mungkin tergila – gila dengan Drama Korea.
Pada masa ini , Korea Selatan adalah salah dunia yang merupakan  sepuluh eksportir budaya dan Hallyu Wave dimulai dengan ekspor drama TV Korea seperti Autumn di My Heart , Winter Sonata , Dae Jang Geum (Jewel in the Palace), Full House ( 2004 TV series) , Princess Hours , dan Boys Over Flowers di seluruh Asia Timur dan Asia Tenggara , keberhasilan pertumbuhan drama Korea juga didukung  oleh film Korea , Musik Pop Korea, Makanan dan Bahasa Korea. Seperti yang disebutkan diatas bahwa Hallyu Wave tidak hanya disebarkan melalui Drama, juga melalui Musik Pop Korea yang sebagian besar terdiri dari Boyband (Band Laki - Laki). Boyband ini juga menyebarkan Hallyu Wave di seluruh dunia hingga ke Negara Amerika. Di Amerika, Boyband Korea yang sangat terkenal adalah TVXQ yang albumnya terlah terjual lebih dari 250.000 copy. Selain itu ada juga boyband Korea lainnya seperti SuJu, Beast, 2Pm, 2Am dan masih banyak lagi yang lainnya.  Dan dari hal ini kita dapat simpulkan bahwa Musik Korea ini juga sudah hampir mendunia.
Keberhasilan Korea Selatan dalam bidang drama, film, dan musik menjabat sebagai magnet wisata utama untuk Korea Selatan pada tahun 2005, dengan wisatawan dari negara-negara seperti Jepang , Cina , Filipina , Thailand , Singapura , Malaysia , Indonesia dan Vietnam
Hallyu Wave ini sudah hampir mendunia. Pada awalnya dampak Hallyu Wave ini terdapat di Asia Bagian Timur dan Asia Tenggara. Tapi makin lama dampak Hallyu wave ini masuk ke wilayah Daratan Eropa dan juga Daratan Amerika.  Hal ini pula yang menyebabkan pendapatan Ekspor Korea khusunya Korea semakin bertambah dan bertambah setiap tahunnya. Selain itu, akibat dari Hallyu Wave ini juga menambah keinginan orang – orang yang menyukai Korea untuk belajar Bahasa Korea.
Di Indonesia, "Hallyu Wave" membuat gadis - gadis remaja di negeri ini kebanyakan kecanduan oleh Drama Korea, dan juga BoyBand dan GirlBand Korea. Terutama sejak munculnya Drama Korea disalah satu Saluran Televisi Swasta di Indonesia. Semakin banyak orang Indonesia yang suka Dengan Korea khususnya Korea Selatan dari yang muda sampai yang tua. Selain itu juga Remaja Indonesia juga mulai menyukai  seniman Korea Selatan.
Seperti yang telah dipaparkan dapat kita simpulkan bahwa Hallyu Wave ini merupakan salah satu dari Globalisasi yang sampai di Indonesia. Maka dari itu, kita sebagai warga Negara Indonesia harus memilah – milah hal – hal yang berhubungan dengan  Hallyu Wave ini, sehingga Negara kita tidak Ketinggalan Jaman.
Di akhir Pidato ini saya harapkan Hadirin dapat menyaring hal hal yang berhubungan dengan Hallyu Wave ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau ada hal – hal yang menyakitkan hati di hati Hadirin. Sekian Pidato dari saya, Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar